Kamis, 08 September 2011

Rasakanlah : Jakarta Semakin Panas!

Oleh : Resti Pratiwi (Eci)

Yaa Jakarta.. ibukota Indonesia. Kampung halaman saya.

Sesampainya saya di Stasiun jatinegara, setelah perjalanan panjang saya dari kota Malang, senyum kebahagiaan mulai mengembang lagi. “Alhamdulillah.. saya sudah sampai di kota kelahiran.. “. Rasa ingin bertemu ayah ibu dan keluarga yg lain sungguh tak terbendung lagi. Tidak sabar ingin menyantap masakan ibunda.. tidak sabar ingin bercengkrama dengan lelucon2 jayusnya ayahanda.. tidak sabar dengan obrolan2 penuh canda dan aksi2 usil si kakak.. hehe. Tapi, semua rasa itu sedikit dibuyarkan oleh hawa PANASSSSS Jakarta! Huaah.. sangaaaat panas! Hawa Jakarta yg makin hari makin panas. Saya pun segera keluar dari stasiun. Pulang dengan tas gunung di punggung  dan sandal gunung di kaki, saya pun segera naik angkot jurusan cililitan. Ya segera. Karena hawa semakin panas dan saya ingin segera mandi. Selama diperjalanan, sebenarnya saya sangat terganggu dengan hawa panas Jakarta. Kesal? Jelas. Kondisi ini sangat berbeda dengan Malang. kota saya menuntut ilmu. Di malang dingin. Kalo di Jakarta saya sangat butuh kipas angin maka di malang tidak perlu. Walaupun malang juga akhir2 ini terasa panas tapi masih biasabiasa aja lah. Ion tubuh (maksudnya sih keringat.. hehe) banyak sekali yg keluar. Gak Cuma saya aja, orang2 juga merasakan hal yang sama. Hingga saya sampai di rumah nenek(ceritanya mampir dulu bentar) dan walaupun ada kipas angin.. masih saja hawa panas terasa walau sedikit saja. Ckckckck. Saya Cuma bisa geleng2 sambil beberapa kali berkata “MasyaAllah.. Jakarta panasss! Beda sama malang yg dingiiin.” Tidak ambil aksi banyak, saya segera masuk kamar mandi untuk bertemu dengan air Jakarta. Dan.. wow… apa-apaan ini?!!! Airnya gak berasa air. Gak ada adem2nya pisan. Eleuh2.. tobat dah! Please.. suasana Malang yg dingin tolong dipindahin ke Jakarta!!!!! :O
Ya.. saudara2.. panasnya Jakarta bukanlah suatu hal yg mengherankan lagi. Saya jadi teringat dengan kakak tingkat saya yg baru saja KKN di Jakarta. Ketika saya tanya kabarnya lewat facebook, dia menjawab “gak betah. Mau pulaang. Disini panas.. gerah..”. huahaha. Ya begitulah rasanya Jakarta sekarang. Makin HOT! Faktor musim kemarau memang benar. Tapi ada hal lain yg menurut saya menjadi faktor penting penyebab panasnya Jakarta dan bencana2 lain yg terjadi di kota yg dulu sempat bernama Jayakarta ini . Banyak faktornya.. tapi salah satu yg akan saya bahas disini adalah :
Perilaku manusianya : BUANG SAMPAH SEMBARANGAN. Ini nih yg bikin gue kesal sejadi2nya. Hmm.. Entah apa yg ada di pikiran mereka sehingga dengan mudahnya membuang sampah sembarangan. Contohnye aja lagi di angkot, sering banget nih gue nemuin perilaku yg kayak gini.. abis makan atau abis minum, bungkusnye dibuang begitu aja keluar.. ke JALANAN.. pas lagi angkotnya jalan lagi. Astagfirullah… T.T. kesal banget dah rasanya. Gimana Jakarta gak tambah panas kalo masyarakatnya aja pada begini nih perilakunya. Mau alasan apa? Gak ada tempat sampah? Kan bisa dipegang dulu, nanti kalo udah turun langsung cari tempat sampah terus buang deh. Terus  Kenapa lagi sob? Ribet kalo mesti dipegang dulu? Kan bisa taro tuh sampah didalem tas dulu, kalo sampahnya basah ya kan bisa persiapan bawa kantong plastic terus taro deh untuk sementara abis itu kalo udah turun sampahnya baru dibuang ke tempat sampah. Gampang kan? Gak ribet kok kalo mau bergerak. Honestly, gue sebel banget kalo liat perilaku yg maen buang sampah seenaknya ke jalanan pas kendaraannya jalan lagi. Maaf ya nih sebelumnya kalo ada yg merasa gimanaa gituuu ama kata2 saya ini. Tapi ini untuk kebaikan kita bersama sobat. Menjaga lingkungan itu penting.
Allah berfirman dalam surat Ar-Rum : 41-42 :
Artinya : “Telah tampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia; Allah menghendaki agar mereka merasakan sebagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (kejalan yang benar). Katakanlah (Muhammad), “Bepergianlah di bumi lalu lihatlah bagaimana kesudahan orang-orang dahulu. Kebanyakan dari mereka adalah orang-orang yang mempersekutukan (Allah).” (Q.S. Ar Rum (30) : 41-42)
Nah, gak salah dong karena ulah tangan2 ‘jahil’ kita maka bumi menjadi seperti ini. Terutama yg saya bahas ini di Jakarta. Kerusakan terjadi dimana2, panas gak ketulungan, banjir pula, Global Warming makin menjadi, dan masih banyak lagi yg lainnya. ckckckck. Sodara sodariku.. yuk mari kita perbaiki diri kita. Adakalanya perilaku2 kita ini ternyata malah merusak lingkungan. Yaa seperti buang sampah sembarangan dan ulah-ulah ‘jahil’ kita yg lain. Alhasil, kita yg akan merasakan akibatnya nanti. Bocoran aja nih,di tas saya gak cuma ada buku dan alat2 tulis yg lainnya tapi juga ada sampah bungkus permen atau sampah bungkus plastic yg nantinya saya buang setelah saya menemukan tempat yg tepat yaitu TEMPAT SAMPAH.

So, Mulailah melakukan dari  hal yg kecil..
“Suatu bencana/suatu kejadian buruk itu bisa juga terjadi karena akumulasi dari kelalaian-kelalaian kita terhadap hal-hal  kecil”
Ayoo.. kita jaga lingkungan.. Ayoo kita buang sampah pada tempatnya.. Mulai dari sekarang!

  
# Rabu, 7 september 2011
   11.08 PM di Jakarta yg semakin panas      

Tidak ada komentar:

Posting Komentar