Sabtu, 06 September 2014

HIJAB BUKAN PENGHALANG AKTIVITAS KU




Banyak yang gak nyangka kalo saya itu ternyata suka naik gunung dan yang lebih gak nyangka adalah saya naik gunung pake rok! Hehe. hingga di ekspedisi pendakian saya yang kedua, ketika mampir untuk makan sore dan sholat ashar di sebuah warung makan kecil, si bapak pemilik warung makan tersebut bilang, “Mbak, beneran ta pake rok naik gunungnya | nggih pak, hehe | waduh.. gak pake celana aja? Nanti ribet loh naiknya, soalnya agak terjal mbak.. | iya pak, gak apa2, bisa insyaAllah *sambil tersenyum | oh ya sudah hati2 ya |iya pak terimakasih, doakan selamat sampai kembali turun pak”
Begitulah, percakapan saya dengan bapak pemilik warung makan di kaki gunung penanggungan. Bukan hanya bapak itu, teman-teman saya yang tau kalo saya naik gunung juga  sering heran karena saya pake rok. Hmm, seapapun sulit medannya insyaAllah saya akan istiqomah pake rok, sampai puncak! Jadi teringat dengan kakak saya dulu beliau pernah menasehati saya waktu saya SMA.. “chi, temen mas, akhwat-akhwat, di kampus itu pas lagi praktek lapang dan harus ngelewatin kubangan lumpur sampai sepinggang yaa mereka ngelewatin tetap dengan rok dan kaos kaki mereka”. So, naik gunung juga bisa lah pake rok J dan Alhamdulillah saya telah membuktikannya dalam 3 pendakian saya : Gunung Panderman di Batu dan Gunung Penanggungan di Trawas, Mojokerto dan Gunung Semeru
Naik gunung pake rok emang gak mudah. Yang pake celana saja juga kadang sulit karena terjalnya medan. Didua kali pengalaman pendakian, pengalaman kedua pendakian saya yang memang benar-benar cukup menguras tenaga dan terjalnya medan yang dilewati. Bayangkan, saya harus melewati medan yang menanjak, terjal dan dibeberapanya saya harus benar-benar mendaki sambil memegang batu-batu yang ada. Pake rok? Yups.. pake rok. Ribet sih memang, bahkan resiko untuk keserimpet ketika jalan karena pake rok juga pasti ada. So far, bisa ditangani dan dijalani dengan lancar, Alhamdulillah..
Istiqomah. Saya hanya berusaha untuk istiqomah, memegang apa yang saya yakini. Memakai rok, jilbab panjang dan kaos kaki bukan menjadi penghalang aktivitas-aktivitas kita loh. So, buat kamu muslimah-muslimah.. apa yang membuat kalian belum berhijab?



 


2 komentar:

  1. subhanallah,, mbak keren sekali,, saya sangat ingin naik gunung tapi gak membayangkan gmana ribetnya kalo mesti pake rok,, dan saya menemukan blog mbak ini,,, subhanallah,,, salam kenal ya mbak,,

    BalasHapus
  2. subhanallah. . .
    sangatmenginspirasi para akhwat agar tidak selamanya hanya berdiam diri dirumah.
    salam kenal kaka, aku sangat berharap kita bisa naik gunung bareng #ngarepbanget.

    BalasHapus